KOMPETENSI DASAR DAN MATERI PPKn K13
KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN,
DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PPKn
KURIKULUM 2013
A. Kelas VII
Alokasi waktu: 3 jam
pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Siswa
mampu:
1.1 mensyukuri
Pancasila sebagai Dasar Negara serta proses perumusannya
2.1 menghargai
proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara
3.1 menggali
proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara
4.1 melaksanakan
tanggung jawab atas keputusan bersama dengan semangat konsensus tokoh
nasional dalam perumusan Pancasila
|
Proses Perumusan
dan Penetapan Pancasila sebagai dasar negara:
· Sejarah perumusan Pancasila
· Pembentukan BPUPKI dan Usulan Dasar
Negara oleh tokoh perumus Pancasila
· Penetapan Pancasila sebagai dasar
negara
· Komitmen kebangsaan para pendiri negara
dalam perumusan dan penetapan Pancasila
· Nilai semangat dan komitmen para
pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
|
· Siswa mengamati Video/film/gambar tentang sidang BPUPKI dengan
penuh rasa syukur pada Tuhan YME dan mencatat hal-hal yang penting
dari isi video tersebut termasuk tokoh
pengusul dasar negara dan Panitia Sembilan BPUPKI.
·
Siswa mengidentifikasi
pertanyaan berkaitan dengan perumusan dan penetapan Pancasila serta Sidang
BPUPKI dengan penuh rasa tanggungjawab
·
Siswa mencari informasi
dari berbagai sumber (buku, Koran, internet dsb) tentang proses perumusan dan
penetapan Pancasila sebagai dasar Negara dan Sidang BPUPKI dengan rasa ingin
tahu dan penuh percaya diri
·
Siswa mendiskusikan dalam kelompok tentang hubungan atas
berbagai informasi berkaitan dengan perumusan dan penetapan Pancasila yang
diperolehnya dengan kerjasama dan penuh tanggungjawab.
· Siswa menyimpulkan
hasil diskusi dan mempresentasikannya baik secara tertulis maupun lisan di
depan kelas dengan rasa percaya diri.
·
Siswa mensimulasikan
kegiatan
kepentingan bersama atau kepentingan masyarakat
|
Siswa mampu:
1.2 menghargai norma-norma
yang berlaku di masyarakat
2.2 mematuhi
norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan
keadilan
3.2 mengidentifikasi
norma-norma yang berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
4.2 menunjukkan
perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
|
Norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat
· Norma yang berlaku dalam masyarakat
·
Arti penting norma dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara
·
Perilaku sesuai norma yang berlaku
|
·
Siswa mengamati aktivitas masyarakat
(berdasarkan norma agama, kesopanan, kesusilaan, hukum) di lingkungan sekolah
bedasarkan Kelompok Asal (Model JigSaw) terkait dengan kehidupan sehari-hari
dengan mengedepankan sikap saling menghormati dan rasa syukur terhadap Tuhan
Yang Maha Esa atas perbedaan yang ada
·
Siswa mengidentifikasikan
berbagai pertanyaan dari hasil pengamatannya tentang norma-norma yang berlaku
dalam aktivitas masyarakat tersebut.
·
Siswa mendiskusikan
dengan Kelompok Asal tentang barbagai norma yang berlaku di masyarakat dengan
penug tanggung jawab
·
Siswa mendiskusikan
dengan Kelompok Ahli tentang berbagai norma yang ada di masyarakat dengan
penuh percaya diri
·
Siswa menyimpulkan
hasil diskusi dan mempresentasikannya di depan kelas dengan percaya diri dan
kebersamaan Kelompok Asal
·
Siswa memperagakan
atau mensimulasikan perilaku yang sesuai dengan norma masyarakat
|
Siswa
mampu:
1.3
menghayati nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945
2.3 mendukung nilai
kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
3.3
menggali kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang
Dasar Negara RepublikIndonenesia Tahun 1945
4.3
menyajikan hasil temuan tentang proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Kesejarahan
perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
· Perumusan
UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
· Pengesahan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
· Arti
penting UUD Negara Republik Indonesia bagi Bangsa dan Negara
Indonesia
· Peran
Tokoh perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun1945
|
·
Siswa meminta
peserta didik membaca Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan
Naskah Proklamasi Kemerdekaan dengan cermat dan rasa syukur terhadap Tuhan
Yang Maha Esa atas selesainya kedua naskah tersebut bagi Negara Kesatuan
Republik Indonesia
·
Siswa mengidentifikasi
pertanyaan tentang Sejarah Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai wujud sikap menghormati
·
Siswa menyusun
pertanyaan yang terkait dengan Sejarah Perumusan dan Pengesahan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 dengan penuh tanggung jawab
·
Siswa mengumpulkan
berbagai informasi terkait dengan pertanyaan dari buku penunjang dan internet
·
Siswa menghubungkan
informasi yang diperoleh untuk menyimpulkan tentang Sejarah Perumusan dan
Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·
Siswa menyusun
laporan dan menyajikan hasil telaah tentang Sejarah Perumusan dan Pengesahan
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara tertulis dengan bangga dan
percaya diri
·
Siswa mensimulasikan
kepatuhan terhadap tata tertib atau perundang-undangan
|
Siswa
mampu:
1.4
mensyukuri keberagaman suku,agama, ras, dan antargolongan sebagai makhluk
ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
2.4
menghargai keberagaman suku,agama, ras,dan antargolongan
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.4
mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras, antar golongan dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
4.4 melaksanakan
tanggungjawab terkait keberagaman suku,
agama ras, dan
antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
·
Makna Bhinneka Tunggal Ika
·
Keberagaman dalam masyarakat Indonesia
·
Arti penting memahami keberagaman dalam masyarakat
Indonesia
·
Perilaku toleran terhadap keberagaman norma, suku,
agama, ras, dan antargolongan
|
· Siswa mengamati
gambar keanekaragaman norma, suku, agama, ras, yang berlaku dalam masyarakat di sekitar
tempat tinggal secara adil sebagai sesama ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
· Siswa mengidentifikasi pertanyaan berkaitan dengan
keberagaman suku, agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika sebagai wujud sikap toleransi
· Siswa mengumpulkan informasi tentang keberagaman suku,
agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan penuh
percaya diri
·
Siswa menghubung-hubungkan
dengan saling menghormati jawaban dari teman kelompok berbagai informasi
tentang Arti Penting dan Perilaku Toleran terhadap keberagaman
masyarakat Indonesia
·
Siswa menyusun
dan menyajikan laporan hasil pengamatan di depan kelas dengan penuh tanggung
jawab tentang
keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan
·
Siswa menerapkan
saling menghormati dan bekerja sama terkait keberagaman suku, agama, ras dan
antargolongan
|
Siswa mampu:
1.5 menghargai kerjasama dalam
berbagai bidang kehidupan di masyarakat
2.5 mengamalkan kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
3.5menelaah
pentingnya kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
4.5 menunjukkan perilaku bertanggungjawab dalam bekerjasama di
berbagai bidang kehidupan di masyarakat
|
Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di
masyarakat
· Makna kerjasama
dalam hidup bermasyarakat
· Pentingnya kerjasama
· Bentuk-bentuk
kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
|
·
Siswa mengamati
tayangan video/gambar tentang kerjasama di berbagai bidang kehidupan di
masyarakat yang tercipta atas dasar sikap saling menghargai
·
Siswa mengidentifikasi
dan menyampaikan pertanyaan berkaitan dengan kerjasama dalam berbagai bidang
kehidupan di masyarakat dengan penuh tanggung jawab
·
Siswa mencari
informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang ada
dengan kerjasama kelompok
·
Siswa
menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh dan menyimpulkan kerjasama
dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
·
Siswa menyajikan
hasil telaah kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat dengan rasa
percaya diri
·
Siswa melakukan
gotong royong di sekolah
|
Siswa mampu:
1.6 menghargai karakteristik
daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.6 menampilkan karakteristik
daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
3.6 menggali dan menemukan
4.6
menunjukkan contoh karakteristik daerah
tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.
|
Karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka
NKRI
· Makna
Persatuan dan Kesatuan
· Arti penting
Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya
· Mempertahankan
persatuan dan kesatuan Indoneia
|
·
Siswa mengamati
gambar tentang Peta Indonesia dan sebaran budayanya sebagai wujud rasa syukur
terhadap Tuhan Yang Maha Esa
·
Siswa mengidentifikasi pertanyaan tentang karakteristik
daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI dengan penuh rasa ingin tahu
·
Siswa mencari informasi untuk menjawab pertanyaan
yang sudah disusun dengan kerjasama kelompok
·
Siswa menghubungkan informasi yang diperoleh dari
beberapa teman kelompok dengan sikap saling menghargai untuk menyimpulkan
karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI
·
Siswa menyusun
laporan dan menyajikan hasil telaah tentang karakteristik daerah tempat
tinggal dalam kerangka NKRI dengan percaya diri dan rasa syukur terhadap
Tuhan Yang Maha Esa.
·
Siswa mensimulasikan
menghormati adat, kebiasaan masyarakat yang berbeda
|
B. Kelas VIII
Alokasi waktu: 3 jam
pelajaran/minggu
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Siswa mampu:
1.1 mensyukuri
kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan negara Idonesia
2.1
menunjukkan
sikap peduli terhadap kedudukan
dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia
3.1mengidentifikasi
kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan negara
Indonesia
4.1
menyajikan hasil identifikasi tentang kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa
dan Negara Indonesia
|
Kedudukan dan
fungsi Pancasila bagi bangsa dan Negara Indonesia
· Kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai
Dasar Negara dan pandangan hidup bangsa
· Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar Negara dan
pandangan hidup bangsa
· Membiasakan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa
|
·
Siswa mengamati gambar tokoh pengusul dasar negara dan Lambang
Garuda Pancasila sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
·
Siswa mengidentifikasi berbagai pertanyaan dengan kerjasama
kelompok tentang kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan Negara
Indonesia
·
Siswa mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas
pertanyaan yang sudah disusun dengan penuh percaya diri dan tanggung jawab
sebagai anggota kelompok
·
Siswa mendiskusikan dengan sikap saling menghormati dan
menghargai hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya
dan menyimpulkan tentang kedudukan dan fungsi serta arti penting Pancasila
sebagai dasar negara
·
Siswa menyusun dan menyajikan laporan hasil telaah kedudukan,
fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai dasar Negara dengan penuh percaya
diri dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
·
Siswa mensimulasikan peran tokoh dalam merumuskan Pancasila
|
Siswa
mampu:
1.2
menghargai makna, kedudukan, dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 secara adil sebagai bentuk sikap beriman dan
bertakwa
2.2 mendukung
kedudukan, fungsi dan makna konstitusi negara, serta peraturan
perundangan lainnya
3.2 menelaah makna,kedudukan
dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun
1945,serta peraturan hukum lainnya dalam sistem hukum nasional
4.2 menyajikan hasil telaah
tentang makna, kedudukan dan fungsi
Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
|
Kedudukan dan
fungsi UUD 1945 Dalam Sistem Hukum Nasional
· Makna UUD
1945 Dalam Sistem Hukum Nasional
· Fungsi dan
Kedudukan UUD 1945 Dalam Sistem Hukum Nasional
· Kedudukan
Peraturan Perundangan Dalam Sistem Hukum Nasional
|
·
Siswa membaca artikel tentang kedudukan dan fungsi UUD 1945
dalam sistem hukum nasional sebagai wujud peduli dan syukur terhadap Tuhan
Yang Maha Esa.
·
Siswa mengidentifikasi pertanyaan tentang makna UUD 1945
dan kedudukan serta fungsi UUD 1945
dalam sistem hukum nasional secara berkelompok dengan penuh rasa
kekeluargaan.
·
Siswa mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah
disusun terkait fungsi dan kedudukan
UUD 1945 dalam sistem hukum nasional dengan rasa ingin tahu dan semangat
tanggung jawab kelompok.
·
Siswa menghubungkan informasi yang diperoleh dan mengambil
kesimpulan berdasarkan informasi yang diperoleh dengan percaya diri.
·
Siswa menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah tentang
makna, fungsi, dan kedudukan UUD 1945 dalam sistem hukum nasional juga
peraturan – peraturan lainnya dengan percaya diri dan tanggung jawab.
·
Siswa mensimulasikan peran tokoh dalam dalam merumuskan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
Siswa mampu:
1.3
menghargai
tata uturan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional di
Indonesia
2.3
menunjukkan
sikap mematuhi tata urutan peraturan perundang-undangan sesuai dengan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3 menggali tata
urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem
hukum Nasional di Indonesia
4.3 menyajikan hasil temuan
terhadap tata urutan perundang-undangan dalam sistem hukum Nasional di Indonesia
|
Tata urutan peraturan
perundang-undangan dalam sistem hukum Nasional di
Indonesia
·
Makna tata
urutan peraturan
·
Proses
pembentukan peraturan perundang-undangan
·
Ketaatan
terhadap peraturan perundang-undangan
|
·
Siswa mengamati gambar tentang urutan peraturan
perundang-undangan dan membaca
beragam peraturan perundang-undangan dan
implementasinya sebagai wujud peduli dan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·
Siswa mengidentifikasi berbagai pertanyaan dengan penuh rasa
ingin tahu dan disiplin kelompok terhadap pengamatan yang telah dilakukannya.
·
Siswa mencari informasi dari berbagai sumber untuk menjawab
pertanyaan yang sudah disusun dengan kerjasama kelompok
·
Siswa menghubungkan informasi yang diperoleh untuk
menyimpulkan tentang makna tata urutan peraturan perundang-undangan dan
mengambil kesimpulan secara jujur dan bertanggung jawab
·
Siswa menyusun laporan hasil telaah tentang makna tata urutan
peraturan perundang-undangan secara tertulis dan menyajikan hasil telaah di
kelas serta memajang hasil telaah (display) di dinding kelas dengan bangga
dan penuh rasa tanggung jawab
·
Siswa mensimulasikan peran tokoh dalam menyusun tata urutan
perundang-undangan
|
Siswa
mampu:
1.4mensyukuri
nilai dan semangat Kebangkitan
Nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Kemerdekaan Indonesia secara tulus
2.4 menunjukkan rasa
bangga terhadap peristiwa
kebangkitan Nasional 1908
dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia
3.4 menemukan makna dan
arti penting Kebangkitan Nasional
1908 Kebangkitan Nasional dalam perjuangan kemerdekaan
4.4 menyaji hasil temuan
tentang peran kejuangan tokoh Kebangkitan Nasional 1908 dalam perjuangan
kemerdekaan
|
Kebangkitan
Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan
· Makna
Kebangkitan Nasional dalam Perjuangan Kemerdekaan
· Arti
Penting Kebangkitan Nasional Dalam Perjuangan Kemerdekaan
· Peran
Tokoh Kebangkitan Nasional Dalam Perjuangan Kemerdekaan Nasional
|
·
Siswa mengamati gambar tentang Kebangkitan Nasional 1908
dengan ikhkas sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
·
Siswa dengan kerjasama kelompok mengidentifikasi
pertanyaan tentang makna Kebangkitan Nasional 1908 bagi
bangsa Indonesia
·
Siswa mencari informasi untuk menjawab pertanyaan tentang arti
Kebangkitan Nasional 1908 bagi perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia dengan
penuh rasa tanggung jawab
·
Siswa menghubungkan informasi yang
diperoleh secara jujur untuk menyimpulkan tentang makna
Kebangkitan Nasional 1908 bagi bangsa Indonesia
·
Siswa menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah tentang
makna Kebangkitan Nasional 1908 dengan
percaya diri
·
Siswa mensimulasikan peran tokoh kejuangan Kebangkitan
Nasional
|
Siswa mampu:
1.5 menghayati nilai dan
semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.5 menghargai
nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.5 mengidentifikasi
nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun
1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
4.5 melaksanakan nilai-nilai
kejuangan tokoh Sumpah Pemuda tahun 1928
|
Sumpah
Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
· Makna
Sumpah Pemuda
· Arti
penting Sumpah Pemuda bagi prjuangan Indonesia
·
Semangat dan
komitmen sumpah pemuda bagi bangsa dan Negara Indonesia
|
·
Siswa mengamati gambar tentang persitiwa Sumpah Pemuda dan
keberagaman masyarakat Indonesia sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang
Maha esa
·
Siswa bekerjasama dengan kelompok mengidentifikasi
Pertanyaan-pertanyaan tentang makna Sumpah Pemuda 1928
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
·
Siswa mencari
informasi bersama dengan anggota kelompok yang beragam untuk menjawab pertanyaan
tentang arti Sumpah Pemuda bagi perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
·
Siswa menghubungkan informasi yang
diperoleh untuk menyimpulkan tentang makna Sumpah
Pemdua bagi bangsa Indonesia dengan penuh rasa tanggung jawab
·
Siswa menyusun laporan hasil telaah tentang makna Sumpah
Pemuda dan menyajikan hasil telaah di depan kelas dengan semangat saling
menghargai dan menghormati
·
Siswa mensimulasikan peran tokoh Sumpah Pemuda,
|
Siswa mampu:
1.6 mensyukuri
semangat kebangsaan yang
memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
2.6 menunjukkan sikap semangat kebangsaan untuk memperkuat Negara
Kesatuan Republik Indonesia
3.6 menggali pentingnya
semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik
Indonesia
4.6 menyajikan peran
tokoh masyarakat sebagai
bentuk komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
·
Makna
semangat dan komitmen kebangsaan
·
Arti penting
Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk
untuk memperkuat NKRI
·
Peran Tokoh
Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk memperkuat
NKRI
|
·
Siswa mengamati gambar / tayangan vidio sidang MPR
dalam membuat keputusan/komitmen dengan penuh bangga dan syukur terhadap
Tuhan Yang Maha Esa
·
Siswa mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan secara
bekerjasama dengan kelompoknya terkait dengan pentingnya semangat dan
komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
·
Siswa mencari informasi dari berbagai sumber secara
bertanggung jawab untuk menjawab berbagai pertanyaan yang telah tersusun
·
Siswa dengan penuh disiplin dan kerjasama kelompok
menghubungkan berbagai informasi yang didapatkannya untuk membuat simpulan
jawaban terhadap pertanyaan yang ada
·
Siswa menyusun laporan hasil telaah tentang semangat dan
komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI dengan penuh rasa tanggung jawab
·
Siswa mensimulasikan peran tokoh masyarakat akan pentingnya
semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
|
C. Kelas IX
Alokasi waktu: 3
jam pelajaran/Minggu
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Siswa mampu:
1.1 mensyukuri
Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Esa
2.1
mendukung
perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
3.1 mengidentifikasi dinamika
perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1
mendemonstrasikan peran teladan tokoh-tokoh nasional dalam
perwujudan Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa
|
Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa
· Penerapan
Pancasila dari masa ke
masa
· Dinamika
nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan jaman
· Langkah-langkah
perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam berbagai
kehidupan
|
·
Siswa membaca
berita/ artikel
tentang dinamika Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup dan
menyimak dari berbagai sumber tentang perwujudan Pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup bangsa dengan penuh rasa syukur terhadap Tuhan
Yang Maha Esa
· Siswa mengidentifikasi
pertanyaan tentang langkah-langkah untuk mewujudkan Pancasila sebagai dasar
dengan penuh rasa ingin tahu dan kerjasama kelompok
· Siswa mencari
informasi dari berbagai sumber tentang arti penting mempertahankan Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dengan penuh rasa ingin tahu
dan semangat gotong royong
· Siswa menghubungkan
berbagai informasi yang didapat untuk menjawab berbagai pertanyaan yang telah
disusun dengan kerjasama kelompok
·
Siswa menyusun
dan menyajikan hasil analisis
tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan
hidup bangsa dengan penuh rasa tanggung jawab
·
Siswa
|
Siswa mampu:
1.2 menghayati isi alinea
dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
2.2
menunjukkan
sikap mendukung isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.2 menggali dan
menemukan isi alinea
dan pokok pikiran yang terkandung dalam alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.2
menyajikan
isi alinea dan pokok-pokok
pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
· Makna
alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945
· Makna
pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
· Sikap
positif terhadap pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
· Siswa mengamati
dari video/film/gambar tentang makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
· Siswa mengidentifikasi
dan mengajukan pertanyaan tentang arti
penting pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 dengan penuh
tanggung jawab
· Siswa mencari
informasi dari berbagai sumber tentang
pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
· Siswa menyimpulkan
makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai hasil kerjasama kelompok
· Siswa menyusun
paparan dan mempresentasikan secara kelompok tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUDNegara
Repuplik Indonesia dengan penuh disiplin dan tanggung jawab
· Siswa menerapkan
isi alinea dan pokok pembukaan UUD 1945 di kelas
|
Siswa mampu:
1.3 menghargai
ketentuan tentang bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang-Undang
Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 secara adil
2.3 menunjukkan sikap
peduli terhadap ketentuan bentuk dan kedaulatan negara sesuai
Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945
3.3 menggali
prinsip-
prinsip
kedaulatan sesuai Undang-Undang
Dasar Negara
Republik Indonesia
Tahun 1945
4.3 mewujudkan prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Kedaulatan
Negara Kesatuan Republik Indonesia
·
Hakekat dan teori tentang Kedaulatan
·
Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia tahun
2015
·
Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang
DasaNegara Republik Indonesia tahun
1945
·
Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan
Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945
|
· Siswa mengamati
dari video/film/gambar tentang kedaulatan Negara RI sebagai wujud syukur
terhadap Tuhan Yang Maha Esa
· Siswa mengidentifikasikan
pertanyaan tentang hakekat kedaualatan dan kedaulatan menurut UUD 1945 serta
prinsip-prinsip kedaulatan yang sesuai dengan UUD Negara Kesatuan Republik
Indonesia tahun 1945 dengan penuh disiplin
· Siswa mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang
prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara
Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945 dengan penuh tanggung jawab
· Siswa menyimpulkan
tentang tentang prinsip-prinsip kedaulatan dengan penerapan kedaulatan yang
sesuai dengan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945
· Siswa menyajikan
hasil telaah tentang kedaulatan yang sesuai dengan UUD Negara Kesatuan
Republik Indonesia tahun 1945 dengan penuh rasa tanggung jawab
· Siswa mensimulasikan
pemilihan ketua RT/Bupati
|
Siswa mampu:
1.4 peduli terhadap masalah-masalah yang muncul dalam
keberagaman,suku, agama, ras, antar golongan (SARA) di masyarakat serta cara
pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.4
menunjukkan sikap menyelesaikan masalah-masalah yang
muncul dalam keberagaman suku,agama,ras,antar golongan (SARA) di masyarakat
serta cara pemecahannya dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika
3.4 menelaah prinsip
persatuan dalam keberagaman
suku,agama,ras, antar golongan (SARA), sosial, budaya, ekonomi dan
gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.4 menyajikan contoh
persatuan dalam keberagaman suku,agama,ras, antar golongan (SARA), sosial, budaya, ekonomi
dgender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Keberagaman masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
·
Makna Persatuan dalam Kebangsaan
·
Prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras
dan antargolongan
·
Permasalahan yang muncul dalam keberagaman suku, agama,
ras dan antargolongan
·
Upaya pencegahan konflik yang bersifat SARA
|
· Siswa mengamati masalah-masalah yang terjadi di lingkungan
sekitar dengan jujur
· Siswa mengidentifikasi
pertanyaan tentang masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dengan
kerjasama kelompok.
· Siswa mengajukan
pertanyaan tentang berbagai masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat
dan cara pemecahannya dengan saling menghormati.
· Siswa mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang
masalah-masalah dalam masyarakat yang dapat diselesaikan dengan cara
kekeluargaan
· Siswa menentukan
hubungan berbagai masalah yang muncul dengan keberagaman masyarakat dan cara
pemecahan serta pencegahan dengan kerjasama kelompok
· Siswa menyajikan
hasil telaah rencana tindakan dalam
rangka menyelesaikan berbagai masalah dalam masyarakat dengan sikap saling menghargai
· Siswa mensimulasikan
peran mediator dalam menyelesaikan masalah SARA
|
Siswa mampu:
1.5 peduli terhadap
masalah-masalah yang muncul dalam bidang sosial,budaya ekonomi dan gender
dalam masyarakat dan cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.5 menghargai pendapat
tentang masalah-masalah yang muncul dalam bidang sosial,budaya,ekonomi,dan gender
di masyarakat dan cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.5 menggali prinsip
harmoni dalam keberagaman sosial,
budaya, ekonomi dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.5 menyajikan contoh
harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial,budaya,ekonomi , dan gender dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia
· Makna
harmoni keberagaman dalam bidang sosial, budaya, ekonomi dan gender dalam
Bhinneka Tunggak Ika
· Permasalahan
keberagaman masyarakat Indonesia
· Akibat
yang ditimbulkan oleh terjadinya masalah yang muncul
· Upaya
menyelesaikan masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat Indonesia
|
· Siswa membaca dari berbagai sumber dan mendiskusikan
tentang masalah yang muncul dalam
keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya sebagai wujud syukur terhadap
Tuhan Yang Maha Esa.
· Siswa mengidentifikasi
pertanyaan tentang masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara
pemecahannya dengan sikap saling menghargai
· Siswa mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang
masalah-masalah dalam masyarakat yang dapat diselesaikan dengan cara
kekeluargaan
· Siswa menentukan
hubungan berbagai masalah yang muncul dengan keberagaman masyarakat dan cara
pemecahannya dengan kerjasama kelompok
· Siswa menyajikan
hasil telaah rencana tindakan dalam rangka menyelesaikan berbagai masalah
dalam masyarakat dengan penuh tanggung
jawab
· Siswa mensimulasikan
peran mediator dalam menyelesaikan masalah social, budaya, ekonomi dsn gender
|
Siswa mampu:
1.6 menghargai secara jujur konsep bela negara dalam
konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
2.6 menunjukkan sikap
mendukung bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
3.6 mengidentifikasi konsep bela negara dalam konteks Negara Kesatuan
Republik Indonesia
4.6 mendemonstrasikan peran
anggota masyarakat untuk bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Konsep Cinta Tanah Air/ Bela Negara dalam konteks
Negara Kesatuan Republik Indonesia
a. Makna Bela
Negara
b. Perundang-undangan
yang mengatur bela Negara.
c.
Perjuangan mempertahankan NKRI
d.
Ancaman terhadap NKRI saat ini
e.
Semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan
mempertahankan NKRI
|
· Siswa mengamati
film/wacana dan mengkaji dari berbagai sumber informasi tentang sejarah
perjuangan mempertahankan NKRI secara jujur sebagai wujud orang yang beriman.
· Siswa mengidentifikasi/
mengajukan pertanyaan tentang perjuangan mempertahankan NKRI dan ancaman terhadap NKRI saat ini dengan penuh
disiplin
· Siswa mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang berbagai ancaman terhadap NKRI saat ini dengan
semangat kerjasama kelompok
· Siswa menghubungkan
berbagai informasi untuk menjawab berbagai pertanyaan yang ada dengan
semangat kebersamaan dan kekeluargaan enentukan hubungan
· Siswa mencoba
menyusun dan menyajikan gagasan penguatan komitmen mempertahankan NKRI sebagai
wujud syukur terhadap Tuhan YME
· Siswa mensimulasikan
peran pahlawan dalam membela NKRI
|
Mantab
BalasHapus